Super Blue Moon Mengejutkan Dunia! Inilah yang Perlu Anda Ketahui!



Fenomena super blue moon dapat kita lihat langsung atau dengan alat yaitu tgl 30 - 31 Agustus 2023.

Super blue moon kali ini yg paling terang di tahun 2023.

BAGAIMANA TERJADINYA SUPER BLUE MOON?

Super blue moon terjadi ketika bulan bergerak mengitari bumi pada orbit berbentuk ellips dan posisi bumi berada dekat pada sisi ligkaran ellips tersebut.

Posisi bulan yang berada pada posisi terdekat dengan bumi inilah yang kita namakan dengan bulan purnama atau super blue moon. Pada posisi ini bulan akan terlihat lebih besar dan terang dari biasanya.

Menurut NASA ada dua jenis blue moon yaitu blue moon bulanan dan musiman

ASAL MUASAL NAMA BLUE MOON

Jika dilihat dari asal katanya "blue" yang berarti biru bukan berarti warna bulan tersebut menjadi biru,warna tetep sama,hanya istilah doank untuk membedakan dua bulan purnama dalam satu bulan.

Tidak semua bulan purnama dinamakan blue moon. Akan tetapi bulan purnama yang terjadi di awal Agustus kemarin adalah super moon dan di akhir bulan disebut super blue moon.

BAGAIMANA CARA MELIHAT SUPER BLUE MOON? APAKAH AMAN JIKA DILIHAT DENGAN MATA TELANJANG?

Seperti dilansir Liputan6, Super Blue Moon muncul berdasarkan jam tiap daerah. Di Indonesia sendiri, Super Blue Moon terjadi pada 31 Agustus.

- 31 Agustus 2023 - 20.35 WIB

- 31 Agustus 2023 - 21.35 WITA

- 31 Agustus 2023 - 22.35 WIT

Untuk mendapatkan visual bulan yang bagus kita bisa melihatnya di daerah yang jauh dari perkotaan yaitu tempat sepi dengan langit cerah. Jika diperkotaan karena adanya polusi maka penampakan super blue moon kurang terlihat jelas.

Cara lain melihat super blue moon ada lihat kearah timur setelah matahari terbenam,maka akan terlihat jelas disana.

Menggunakan alat bantu lebih dianjurkan oleh staff peneliti dari Bosscha. Nama alat bantunya yaitu binokular atau teleskop kecil.


 

Contact Form

Name

Email *

Message *

Most Reading

Optimize by Jasa SEO. Powered by Blogger.